Tips Mendapat Ide Dalam Membuat Puisi

Tips Mendapat Ide Dalam Membuat Puisi

Tips Mendapat Ide Dalam Membuat Puisi -
Semua manusia memiliki daya pikir masing-masng. Demikian pula dalam menulis sebuah karya akan membutuhkan daya pikir yang baik untuk menemukan ide-ide yang dapat menghaslkan sebuah karya yang maksimal. Karena kita ketahui bahwa ide di perlukan sebagai batu loncatan dalam melakukan kegiatan menulis, baik menulis artikel, puisi, cerpen, novel, buku ataupun yang sejenisnya. Oleh karena banyak keterkaitan ide dengan apa yang akan kita tulis, maka disini saya hanya akan membagikan beberapa tips menentukan, mencari ide atau agar selalu menemukan ide dalam membuat sebuah puisi. Mencari ide atau menentukan ide, merupakan hal yang di anggap perlu bagi kita yang sedang bingung mau menulis puisi tentang apa. Ide adalah sebuah hal yang sulit untuk dicari, tetapi kalau kita mau berpikir serta melihatnya dengan baik, maka sebenarnya Ide telah ada di hadapan kita saat ini, dari itu sayapun berani katakan ketika anda membaca tulisan saya ini mungkin saja anda sudah menemukan sebuah ide.

Langsung saja kita menuju hal yang perlu kita lakukan untuk selalu mendapatkan ide dalam membuat puisi,di antaranya:

1. Peka terhadap lingkungan

Peka terhadap lingkungan disini dimaksudkan agar kita lebih mengenal lingkungan sosial kehidupan kita, baik masyarakatnya, serta hal lain yang masih berhubungan dengan alam sekitar dimana tempat kita tinggal, misalnya: danau, hutan, sawah, pantai, sungai dan lain sebagainya. Sebab dengan mengenal lingkungan kita akan merasakan bagaimana sebuah nilai dan norma yang ada dalam kehidupan bermasyarat, yang nantinya ketika mengenalnya kita akan menemukan penilaian tersendiri dari diri kita, penilaian inilah yang harus kita olah untuk menemukan sebuah Ide dalam membuat puisi.

2. Selalu Bernalar atau Berpikir

Dengan bernalar atau berpikir berarti secara tidak langsung akan membutuhkan otak kita untuk bekerja, selain itu dibutuhkan keterlibatan panca indera kita misalnya penglihatan, penciuman, dan perabaan, pokoknya dalam hal ini panca indera kitapun harus ikut bekerja. Pada kegiatan bernalar atau berpikir ini bukanlah hal yang mudah disebabkan kita harus dapat menghubungkan panca indera kita serta menfungsikan otak kita untuk mengolah rangsangan yang kita terima. Hal ini sangat erat kaitannya dengan tips nomor satu sebab merupakan lanjutan dari tahap satu di atas, dalam tahap ini kita di tuntut untuk mampu mengolah daya pikir kita mengenai rangsangan yang kita terima. Rangsangan yang kita terima bisa saja berupa peristiwa, suhu, dan kondisi yang kita lihat dan kita rasakan saat itu. Sebagai contoh sederhana misalnya saat itu kita merasakan sakit, sebut saja demam berdarah, maka cobalah untuk berpikir mengapa sih saya bisa kena demam berdarah?, mungkin saja karena ada pakain yang di gantung sembarang tempat, serta genangan air yang tidak tertutup, yang menyebabkan sarang nyamuk. dari hasil olah pikir akhirnya kita menemukan sebab mengapa kita sakit, dari contoh kecil diatas mungkin saja kisa bisa menemukan ide untuk membuat puisi “Cinta Jarak Jauh | LDR”. Oleh karenanya kita harus mampu mengolah daya pikir kita mengenai sesuatu, mengapa kita merasakan itu, ataupun mengapa orang lain merasakan atau mendapat masalah seperti itu.

3. Carilah Tempat yang Menyenangkan

Menurut beberapa orang, tempat yang menyenangkan adalah tempat yang sangat baik untuk menemukan ide dalam membuat puisi, hanya saja menurut saya semua tempat sama saja, yang membedakan adalah bagaimana kita atau cara kita dalam berinteraksi dengan tempat yang menurut kita menyenangkan itu. Sehingga dapat dikatakan hal ini sama halnya dengan tips No 1 yaitu peka terhadap lingkungan. Namun disini lebih di identikan dengan tempat yang menurut anda dapat menghadirkan rasa kenyamanan atau bisa menyenangkan buat anda. Misalnya di pantai, di hutan, pokoknya tempat yang menurut anda nyaman dan anda suka. Dengan begitu biasanya anda akan dengan mudah menemukan ide dalam membuat puisi, hanya saja menurut saya Tips No 2 juga perlu kita terapkan pada cara ini.

4. Mengenal diri Kita

Mungkin kedengarannya aneh, sebab apa sih hubungannya mengenal diri dengan menemukan ide dalam membuat puisi?. Jika anda seperti itu, sayapun berkata lain. Sebab dengan mengenal diri kita, kita akan lebih memiliki sikap dan persaan yang sangat peka terhadap lingkungan dan juga terhadap diri kita sendiri. Mengenal diri kita untuk menemukan ide dalam membuat puisi adalah salah satu cara untuk menghadirkan keterbukaan jiwa dan persaan sehingga sesuatu yang kita rasakan akan menjadi sebuah Ide untuk di Ungkapkan dalam sebuah puisi.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.Tidak ada manusia yang sempura. Dengan demikian saya minta ma'af apabila dalam penulisan posting saya ada kekhilafan. Saya mengucapkan terimakasih anda sudah mau mampir di blog saya, saya harap tinggalkan komentar untuk saling mengoreksi dalam pembelajaran saat ini.

Sumber Artikel: http://sidharly.blogspot.com/2013/01/cara-agar-selalu-menemukan-ide-dalam.html

1 Response to "Tips Mendapat Ide Dalam Membuat Puisi"

  1. tantiatia says:
    12 October, 2018

    KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia
    Promo yang diberikan :
    Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
    Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
    Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
    Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
    Memiliki link alternatif Resmi :
    -www.khpk288.net
    - www.Berlian288.com
    - www.permata288.com

    CS nya yang ramah , siap melayanani anda 24 jam
    Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya (seumur hidup)
    Bonus CASHBACK 0.3- 0,5% setiap hari
    Contact resmi kharismaPoker :

    Telp :+85588278896
    BBM;dc7cdd80
    WA: +85588278896

Post a Comment